Alasan mengapa Sebuah Penggaris Plastik Yang digosokkan Pada Kain Wol Akan Bermuatan Negatif!

Img src: ub.ac.id

Pernahkah kamu mencoba menggosokan penggaris ke rambut, kemudian menempelkannya ke potongan-potongan kertas? Hal yang akan terjadi ialah kertas akan menempel ke penggaris tersebut dalam kurun waktu yang relatif singkat. Apakah ini magic?, Tentu tidak mari kita kupas pembahasan ilmiah mengenai fenomena ini!

Kita mulai dari pengertian listrik statis terlebih dahulu, listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam permukaan benda. Muatan listrik akan tetap ada hingga benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau semacam "penghantar listrik" lainnya dan mentransmisikan listrik.

Seacara umum, listrik statis merupakan fenomena kelistrikan dimana muatan-muatan listriknya tidak bergerak. FYI kamu dapat membuat benda bermuatan listrik statis dengan cara melalui efek triboelektrik.

Efek triboeliktrik adalah timbulnya muatan negatif dan positif, akibat adanya perlakuan sentuhan, gesekan, atau kontak suatu benda dengan benda lain. Ini terjadi akibat perpindahan elektron dari atau ke benda tersebut.

Baiklah, mari kita bahas mengenai fenomena penggosokan penggaris plastik ke kain wol.

Perlu kamu ketahui apabila elektron berpindah "dari" benda, benda akan menjadi bermuatan positif. sebaliknya, bila elektron berpindah "menuju" benda, benda akan bermuatan negatif.

Kain wol merupakan kain yang berasal dari bahan serat hewani, kain sejenis ini memiliki sifat kecenderungan untuk melepaskan elektron ketika bersentuhan dengan bahan tertentu seperti kaca, gelas atau bahan yang terbuat dari plastik.

Fenomena ini dapat kita amati ketika kita menggosokan penggaris ke kain wol, yang tetjadi ialah fenomena dimana penggaris plastik akan bermuatan negatif, sementara kain wol akan bermuatan positif, hal ini disebabkan dari perpindahan elektron menuju penggaris.

Hal serupa serupa dapat kita amati dari fenomena rambut manusia disisir menggunakan sisir plastik, alhasil rambut tersebut akan bermuatan positif,  akibat dari muatan positif ini akan membuat rambut mengembang (seperti orang terkena petir kaya difilm) karena saling tolak menolak antara sehelai rambut dengan helaian lainnya yang bermuatan sama-sama positif.  

Sifat listrik statis yang bermuatan positif ini disebabkan karena elektron di rambut akan berpindah menuju ke sisir tadi. Yang dimana sisir akan bermuatan negatif karena adanya penambahan elektron.

Demikianlah penjelasan ilmiah mengenai alasan sebuah penggaris plastik yang digosokan pada kain wol akan bermuatan negatif. So, jangan mengira ini adalah sebuah sihir (LoL).

Semoga bermanfaat!

0 Response to "Alasan mengapa Sebuah Penggaris Plastik Yang digosokkan Pada Kain Wol Akan Bermuatan Negatif!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel