Mengapa Bau Bensin Enak di Cium? Inilah Alasanya!

Bensin adalah senyawa hidrokarbon yang didapatkan dari pengolahan minyak bumi, proses terbentuknya minyak bumi sendiri memerlukan waktu jutaan tahun.

Sebagian orang bertanya-tanya kenapa sih aroma bensin enak di hirup? Apa dalam bensin terdapat rempah" umami? apa karena tukang pomnya yg ganteng? Apa karna saya yang ganteng? Jawabannya tentu tidak yaa hehe.

Latar belakang bensin

Bensin/gasoline/petrol adalah cairan yang mudah menguap dan mudah terbakar yang diperoleh dari penyempurnaan minyak bumi, atau minyak mentah. Awalnya bensin dibuang sebagai produk sampingan dari produksi minyak tanah, tetapi kemampuannya untuk menguap pada suhu rendah membuatnya menjadi bahan bakar yang berguna untuk banyak mesin. Sumur minyak pertama di Amerika Serikat ditemukan oleh Edwin L. Drake dekat Titusville, Pennsylvania, pada 1859 pada kedalaman hampir 70 kaki (21 m). Dengan pengembangan mesin pembakaran internal empat-stroke oleh Nikolaus Otto pada tahun 1876, bensin menjadi penting untuk industri otomotif. Saat ini, hampir semua bensin digunakan untuk bahan bakar mobil, dengan persentase yang sangat kecil digunakan untuk peralatan pertanian dan pesawat listrik.

Kenapa Bau Bensin Harum?


Bensin adalah bahan bakar mayoritas kendaraan darat seperti mobil, sepeda motor, dan lain-lain. Bensin tersusun atas Hidrokarbon C7 (Hepatana) sampai C11 (Undekana) [bau bensin dalam keadaan ini masih belum harum], Dalam hidrokarbon inilah bahan bakar di hasilkan tetapi angka oktan bensin saja masih rendah yg berdampak menimbulkan ketukan bagi mesin sehingga ditambahkanlah senyawa benzena (C6H6) untuk menaikan angka oktannya, senyawa benzena inilah yg menimbulkan aroma enak pada bensin (benzena masuk senyawa aromatik/ senyawa yg memiliki aroma khass)

Adakah manfaatnya mencium bau bensin?

Jawabannya adalah ada. Menurut penelitian yg dilakukan oleh Dr. Alan Hirsch, seorang ahli saraf dan psikiater yang memiliki keahlian dalam penciuman dan perasa, Aroma bensin dapat memicu kenangan masa kecil (Nernostalgia). Karena, lobus penciuman (yang bertanggung jawab atas bau) adalah bagian dari sistem limbik (yang mengendalikan emosi). Jadi beberapa orang mungkin menikmati bau bensin murni karena kenangan indah yang muncul pada otak mereka

Jadi, apakah bensin berbahaya jika dihirup ?

Mayoritas bahan kimia itu berbahaya bagi tubuh jadi jangan anggap remeh kimia yaa :). Jika kamu bertanya apakah bensin berbaha bagi tubuh? Jawabannya tentu sangat berbahaya, menagapa demikian? Minyak bumi terdiri dari benzena dan hidrokarbon lain (senyawa organik yang juga ditemukan dalam larutan pembersih, cat, dan beberapa lem). Secara sengaja mencium barang-barang itu bisa berbahaya. Sengaja mengambil bau bensin menyengat bekerja seperti obat bius untuk menekan fungsi sistem saraf dan dapat membawa pada keadaan euforia (keracunan yang sama dengan mengkonsumsi alkohol berat).
Pajanan Benzena juga dikaitkan dengan perkembangan beberapa kanker darah. Tidak perlu waktu lama untuk menjadi mabuk karena beberapa arak ada yg mengandung bensin. Mabuk karena bensin hanya membutuhkan waktu beberapa menit (ketika dihirup langsung, seperti menempelkan hidung Anda ke salah satu tangki bensin).

Manakah tindakan yang tepat terhadap bensin (menghindari/menghirupnya)?

Seharusnya kamu sudah tahu dari pertanyaan ini karena manfaat dan bahayanya berbanding sangat besar, Namun jika kamu mengisi bensin ke pom bensin tidak perlu sampai menutup hidung dengan masker super tebal cukup jangan dekatkan hidung ke tangki bensin. Yah pasti masih mencium aroma bensin ya tapi gk berefek kok kalo sedikit dan tidak sering

0 Response to "Mengapa Bau Bensin Enak di Cium? Inilah Alasanya!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel