Intan dan Grafit: Perbedaan, Persamaan, dan Struktur

Intan dan grafit

Intan dan Grafit

Intan dan grafit merupakan zat yang sama-sama tersusun atas atom karbon yang berbentuk kristal. Intan dan grafit memiliki komposisi kimia yang sangat sederhana keduanya adalah karbon murni, mungkin dalam kimia intan/berlian dan grafit sama namun faktanya berbeda bagaikan bumi dan langit.

Berlian sangat langka dan mahal harganya sedangkan grafit sangat umum dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau contohnya seperti pensil yg kalian gunakan untuk menulis.

Terkadang saya berpikir jika secara teori unsur penyusun dari intan dan grafit sama (Tersusun atas Karbon), jadi mengapa tidak merubah grafit menjadi intan saja? jika demikian, jelaskan bagaimana grafit dapat diubah menjadi intan!

Memang faktanya kini terdapat sebuag berlian sintetis yang diciptakan oleh ilmuwan namun kualitasnya jauh dengan berlian alami yang terbentuk dengan sendirinya di alam. Secara teori perubahan grafit menjadi intan adalah spontan (tidak memerlukan energi/menyerap energi) dan pembentukannya super sangat lama, nah disini ilmuwan menemukan sebuah cara untuk menciptakan berlian yaitu dengan menggunakan sebuah metode HPHT (high preasure high temprature) dengan menaikan suhu dan tempratur berkali-kali lipat yg melebihi suhu dari 3500°C (kebayang gak tuh panasnya), sayangnya metode HPHT memerlukan biaya yg sangat mahal. Namun, seiring berkembangnya teknologi kini terdapat metode yang lebih efisien untuk menghemat biaya yaitu dengan menaikan tekanan menjadi 5Gpa atau sekitar 49rb atm dan menaikan suhu menjadi 1500°C.

Perbedaan Intan dan Grafit

img src: steemitimages.com
Intan adalah mineral paling keras yang dikenal manusia (10 pada skala Mohs Hardness), dan grafit adalah salah satu yang paling lunak (kurang dari 1 pada skala Mohs Hardness). Akibatnya, intan adalah abrasif tertinggi, sedangkan grafit adalah pelumas yang sangat baik. Intan adalah isolator listrik yg baik sementara grafit adalah konduktor listrik yang baik. Intan biasanya transparan, tetapi grafit buram. Lebih jelasnya kamu dapat melihat gambar diatas tentang perbedaan grafit dan berlian.

FYI: dalam artikel ini saya labil menyebut intan/berlian, nah hal ini perlu kamu ketahui bahwasannya intan dan berlian itu berbeda. Secara fakta memang intan dan berlian merupakan satu kesatuan.

Struktur Intan dan Grafit

Berlian jelas jauh lebih berharga daripada grafit. Grafit sangat murah sehingga digunakan untuk membuat pensil. Meskipun demikian grafit sama menariknya seperti berlian dalam banyak hal. Grafit adalah komponen berkekuatan tinggi dari komposit yang digunakan untuk membuat mobil, pesawat terbang, tongkat golf berteknologi tinggi, dan raket tenis.

memangnya apa penyebab intan dan grafit berbeda padahal tersusun atas unsur karbon yang sama? dan berlian sangat keras sedangkan grafit sangat lunak? Lalu, jika grafit sangat lunak, bagaimana bisa digunakan sebagai bahan berteknologi tinggi untuk tongkat golf dan pesawat? Kok bisa?

Jawabannya terletak pada struktur atomik berlian dan grafit yang berbeda. Grafit terbentuk dalam lapisan atau lembaran di mana 3 atom karbon pada grafit terikat dengam karbon lainnya sehingga membentuk struktur heksagonal berlapis *lihat gambar diatas*. Dalam intan, atom-atomnya sangat erat dan setiap atom terhubung ke empat atom karbon lainnya membentuk struktur tetrahedral *lihat gambar diatas*, memberinya struktur yang sangat kuat dan kaku dalam tiga dimensi.

Dalam kasus grafit, hanya ikatan antara lapisan grafit yang lemah. Ini berarti bahwa ketika lapisan atau lembaran digulung menjadi serat, dan serat tersebut dipilin menjadi benang, kekuatan sebenarnya dari ikatan menjadi jelas. Benang dibentuk ke dalam bentuk dan diadakan di tempat oleh pengikat seperti resin epoxy. Komposit yang dihasilkan memiliki beberapa rasio kekuatan-ke-berat lebih tinggi dari setiap material.

Perbedaan antara berlian dan grafit menyoroti pentingnya struktur kristal pada sifat-sifat batu permata. Sebagai contoh, semua permata yang memiliki struktur kristal kubik, di mana struktur kristal benar-benar simetris, memiliki sifat penting yang sama. Padatan kubik membiaskan cahaya ke segala arah dengan kecepatan yang sama. Jadi meskipun berlian, garnet dan spinel memiliki komposisi kimia yang sangat berbeda, mereka semua bias tunggal karena struktur kristal yang sama. Kelompok kristal kurang simetris lainnya adalah bias ganda, termasuk orthorhombic, monoclinic dan triclinic, yang semuanya memiliki simetri dan sumbu internal spesifik yang menentukan bagaimana lengkungan cahaya saat memasuki kristal.

Demikian artikel tentang Perbedaan serta persamaan antara Intant dan grafit semoga bermanfaat.


Refrensi:
https://www.kompasiana.com/ikromzzzt/55293d8cf17e6161528b4583/beauty-and-the-beast-intan-dan-grafit
https://www.gemselect.com/other-info/diamond-graphite.php
http://en.wikipedia.org/wiki/Graphite
http://en.wikipedia.org/wiki/Diamond
http://en.wikipedia.org/wiki/Synthetic_diamond
http://myphascination.blogspot.com/2014/07/grafit-dan-intan-graphite-and-diamond.html?m=1

0 Response to "Intan dan Grafit: Perbedaan, Persamaan, dan Struktur"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel