Konsep Stokiometri, Rumus, Soal, dan Pembahasan

Stokiometri


Stokiometri merupakan dasar dari seluruh penghitungan kimia jika kamu dapat memahami konsep stokiometri maka saya yakin seluruh perhitungan kimia dapat kamu kuasai dengan mudah. Terlepas dari semua itu apasih yang arti sebenarnya dari stokiometri ini? stoikiometri adalah ilmu yang mempelajari dan menghitung hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk dalam reaksi kimia (persamaan kimia).

Konsep Stokiometri

Kita misalkan ketika kita ke jakarta menaiki motor kita pasti akan melewati Tol dan ketika kita kembali ke jawatimur kita juga pasti akan melewati Tol jadi dapat disimpulkan Tol adalah penghubung kemanapun kita akan pergi. Kira-kira konsep dalam stokiometri juga sama dengan diatas mol adalah tempat yg harus kita lewati untuk mencari nilai partikel, molaritas, massa, volume (stp). Bisa digambarkan seperti dibawah ini;
  • mol adalah ketatapan satuan pengukuran dalam sistem satuan internasional (SI).
  • Partikel adalah bagian terkecil dari suatu atom yakni berupa elektron, neutron, dan proton, dalam tetapan avogadro 1 mol = terdiri dari 6,022 x 10²³ partikel.
  • Molaritas adalah konsentrasi larutan atau menyatakan mol tiap 1 liter larutan.
  • Volume (STP) adalah Volume suatu zat gas dalam tempratur standart yaitu pada suhu 0°C dan tekanan 1 atm (76cmHg atau 760mmHg) konstanta tiap 1 mol zat = 22,4 liter.
  • Ar/Mr adalah atom relatif atau molekul relatif adalah konstanta satuan atom biasanya terdapat dalam sistem periodik tepat dibawahnya simbol suatu unsur, satuan Ar/Mr adalah sma.

Rumus Stokiometri


Perlu kamu tandai, untuk mencari mol dari Molaritas/sebaliknya pastikan volume larutan sudah dalam LITER

Contoh perhitungan stokiometri kimia dasar, dari gambar diatas apabila suatu zat diketahui massa dan Mr/Ar dan ingin dirubah menjadi volume stp jalan satu-satunya harus melewati mol
Maka didapatkankan rumus:
mol (n) = g/Mr
mol (n) = g/Mr = x mol

volume (stp) = n . 22,4
volume (stp) = x . 22.4
volume (stp) = 22.4x liter

Contoh Soal Stokiometri

Jika dikethui Molaritas NaCl 2M dalam 200ml berapakah massa NaCl ? (Ar Na = 23, Cl = 35,5)
Ini berawal dari molaritas lalu kita rubah ke mol lalu rubah ke massa
n = M x V
n = 2 x 0.2     (0,2  dari 200/1000 = 0.2 liter)
n = 0.4

g = n x mr
g = 0.4 x 58,5      (58,5 dari 23+35.5)
g = 24,3 gram


kurang lebih seperti itu konsep dalam stokiometri, ketika kamu sudah memahami konsep ini diluar kepala percayalah kimia kelas 11-12 sungguh sangat mudah dipahami !

0 Response to "Konsep Stokiometri, Rumus, Soal, dan Pembahasan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel