22 Fakta Menarik mengenai Emas, Kamu Wajib Tau!

Fakta Menarik Emas

Perhiasan mungkin bukanlah benda asing yang pernah kamu lihat dari berbagai jenis perhiasan, Emas adalah salah satunya logam mulia yang di ambil dari dalam perut bumi ini adalah logam mahal yang kebanyakan di buat perhiasan, etalase, dan bahkan ada juga makanan yg berlapis emas.

Melihat bagaimana proses terbentuknya emas tak heran bila logam satu ini di jual dengan harga yang fantastis. Tak seperti uang real, emas dapat mengalami penaikan harga oleh sebab itu emas dapat dijadikan sebagai media investasi yang real selain tanah.

Emas adalah sebuah unsur kimia pada logam transisi yang memiliki Lambang Au dengan nama latin aurum. Emas berada pada periode 6 golongan IB. Logam emas memiliki ciri khas mengkilap. Kemudian Tahukah kamu bahwa terdapat fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang emas? Apa saja itu? Mari simak fakta unik emas berikut ini!

1. Arti Penamaan Latin

Jika kamu buka kembali sistem periodik maka akan di temukan bahwasannya emas memiliki logo Au dengan nama latin Aurum yang artinya pancaran sinar matahari, Jika diliat dari bentuk fisik emas memang benar bahwa emas memiliki bentuk warna mengkilat seperti pancaran sinar matahari.

2. Arti Penamaan Emas

Selain penamaan dalam latin, Aurum memiliki nama tersendiri di indonesia dengan sebutan Emas, kata ini diambil dari bahasa inggris kuno 'Geoulu' yang artinya kuning

3. Asalnya Emas

Fakta ini yang paling penting banget untuk kamu ketahui bahwa emas bukan berasal dari perut bumi lho!, Berdasarkan hasil riset University of Bristol di jurnal internasional Nature pada tahun 2011 lalu, dijelaskan bahwa emas yang ada di Bumi berasal dari hantaman meteorit yang jatuh lebih dari 200 juta tahun setelah bumi terbentuk.

4. Termasuk Logam Lunak

Emas adalah logam transisi golongan IB yang memilki sifat lunak, artinya emas lebih muda untuk di tempa daripada perak, perunggu, atau besi

5. Mustahil Berkarat

Pada deret volta emas menempati posisi paling kanan sendiri setelah logam Platinum (Pt) yang artinya emas tidak bisa bereaksi dengan Air (H2O) Oksigen. Jadi bisa dikatakan emas mustahil mengalami korosi karena bereaksi dengan air dan oksigen.

6. Titik lebur

Untuk membentuk emas kedalam bentuk tertentu (Rumit) lebih muda dilakukan dengan meleburkan emas, proses peleburan emas ini membutuhkan energi hingga 1064,18 °C. Kebayang gak tuh panasnya sampai emas mencair ?

7. konduktor terbaik

Yap! Karena emas termasuk logam, emas juga dapat menghantarkan panas dan listrik bahkan emas merupakan konduktor yang lebih baik dari tembaga. Lalu kenapa pada kabel-kabel umumnya tidak pakai emas ? Kurasa kamu sudah tau jawabannya.

8. Menjadi obat

Ternyata emas bisa digunakan untuk mengobati pasien yang menderita penyakit arthritis, Arthritis adalah kelainan sendi yang juga melibatkan peradangan. Emas yang digunakan untuk pengobatan ini berbentuk garam emas yang berfungsi mengurangi pembengkakan, kerusakan tulang, nyeri sendi, dan kekakuan. Umumnya tahap penyembuhan pasien hingga 22 minggu.

9. Pelindung Astronot

Dikutip dari NASA bahwasannya udara, suhu, dan tekanan diluar angkasa sangat berbeda dengan di bumi. Oleh karena itu NASA membuat pakaian khusus untuk astronot yang bertujuan untuk melindungi astronot dari kondisi extrim. Selain itu sinar matahari yang secara langsung mengenai astronot sangat berbahaya bagi mata, untuk itu NASA Melapisi kaca helm dengan lapisan emas yang tipis sehingga bisa memantulkan 60% cahaya.

10. Emas Batangan Terbesar

Dikutip dari tribunjogja.com, bahwa emas batangan terbesar berada di taiwan. Berat emas batangan yang diperkirakan mencapai 200 kg tersebut bernilai kurang lebih $7,8 Miliyar USD.

11. Dapat dijadikan benang

Pernakah kamu melihat suatu pakaian yang terbuat dari emas ? Tentu itu benar adanya! Bukan berarti emas adalah logam sehingga tidak bisa di buat menjadi benang. Pada penjelasan diatas bahwasannya emas itu adalah logam yg lunak dan lembek sehingga memungkin untuk dijadikan benang. Untuk 1 ons emas dapst diregangkan hingga 50 mil.

12. Berada di komponen elektronik

Sadarkah kamu bahwa Smartphone yang kamu pakai mengandung emas ?, Berdasarkan sebuah laporan, diperkirakan setiap smartphone rata-rata memiliki kandungan emas sebesar 0,2 gram. Emas tersebut biasanya ada pada kartu SIM, papan logic, serta komponen-komponen di balik layar LCD.

13. Menjadi Makanan

Mungkin kamu pernah mendengar ada makanan yang terbuat atau berlapis emas ? Huh?! Emang bener makan logam?, eitss jangan salah paham dulu ada jenis emas yang dapat dikonsumsi oleh manusia yaitu emas gold leaf. Emas gold leaf ini ditempa menggunakan palu khusus sehingga membentuk lembaran tipis, sebelumnya lembaran tipis ini dugunakan untuk menyepuh patung atau pigura.

14. Negara penguasa emas terbasar

Amerika Serikat adalah negara yang diyakini paling banyak memiliki persedian emas di seluruh dunia, tepatnya penyempanan emas terbesar berada di Fort Knox, Ketucky, Amerika Serikat. Dikutip dari liputan6.com, bahwa negeri paman sam ini menguasai sebesar 8.133 ton emas senilai lebih dari USD 373 miliar atau Rp 5.322 triliun.

15. Negara penambang emas terbesar

Karena Amerika Serikat yang memiliki persedian emas terbanyak bukan berarti seluruh emas yg dimilikinya berasal dari pertamabangan di amerika saja namun di negara lain seperti indonesia juga. Negara indonesia yang memiliki Freeport di papua yang di klaim merupakan tambang terbesar diseluruh dunia dengan perkiraan cadangan emas  sebesar 106,2 juta ounce, angka ini sangatlah besar bahkan 2x lipat dari angka pertambangan di siberia yang juga merupakan salah satu tambang terbesar didunia.

16. Penemuan Emas Pertama Kali

Dikutip dari liputan6.com, bahwa adanya penemuan logam mulia oleh arkeolog spanyol yang diyakini usia logam mulia tersebut sudah ada sejak 40.000 tahun SH.

17. Penggunaan Emas Sebagai Perhiasan Pertama Kali

Perhiasan emas pertama pada peradaban manusia diperkirakan sudah ada sejak tahun 5000 SM. Perhiasan tersebut di temukan pertama kali di Mesir kuno yang terbuat dari emas murni yang dicampur perak dan perunggu.

18. Bongkahan Emas Terbesar

Pada tahun 1980 seorang penambang amatir menemukan bongkahan emas terbesar di Wedderburn, Victoria, Australia.  Bongkahan terbesar ini mempunyai berat 27,2 kilogram yang berbentuk menyerupai tangan, oleh karena itu bongkahan emas tersebut  dijuluki “Hand of Faith”.

19.  Penambangan Emas Pertama Kali

Emas di dunia mulai ditambang sejak tahun 2.000 SH oleh bangsa-bangsa di dataran Mesir (bangsa Mesir, Sudan dan Arab Saudi)

20. Tidak Bercampur Dengan Logam Lain

Secara kimiawi emas bersifat inert (tidak bercampur dengan logam lain), hal ini disebabkan karena tingginya potensial reduksi emas yang mengakibatkan emas ditemukan dialam dalam keadaan bebas.

21. Phobia Emas

Meskipun emas sangat bernilai tetapi faktanya terdapat segelitintir orang yang tidak suka hingga takut terhadap emas. Ketakutan itu disebut aurophobia.

22. Pemikiran orang yunani terhadap emas

Jauh sebelum kimia dibawa oleh Jabir Ibnu Hayyan, orang yunani sudah mulai memikirkan tentang materi tetapi dengan bumbuhan sihir yang disebut Al-Kimia. Orang yunani berspekulasi bahwa emas terdiri dari  unsur Air (H2O) dan sinar matahari yang padat.

Demikianlah 22 Fakta Menarik mengenai Emas, Kamu Wajib Tau! yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "22 Fakta Menarik mengenai Emas, Kamu Wajib Tau!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel