Sejarah Permainan Bola Voli, Ini Penemunya!


Tahukah kamu bahwa olahraga bola voli berada di bawah sebuah federasi yang bernama Federation internationale De volleyball (FIVB). Di negara Indonesia sendiri bola voli berada dibawah naungan Persatuan bola voli seluruh Indonesia atau yang disingkat dengan PBVSI. Hingga sekarang ini sudah banyak klub dari Indonesia yang memiliki talenta dan bakat yang sangat bagus dalam permainan bola voli dan tak jarang pula tim dari Indonesia memenangkan beberapa penghargaan bola voli di Kancah internasional.

Terlepas dari semua itu Tahukah kamu bahwa bola voli pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur yang bekerja sebagai guru Pendidikan Jasmani (director of physical education) yang bernama nama William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895 di wilayah Amerika tepatnya di daerah Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat. Awalnya olahraga bola voli ini bernama mintonette yang diajarkan oleh William G Morgan pada suatu organisasi yang bernama Young men's Christian Association (YMCA).

Pada awalnya William bertemu dengan orang yang menemukan olahraga bola basket yakni James Naismith. William menemukan olahraga bola voli karena terinspirasi dari James naismith yang akhirnya terciptalah sebuah permainan yang awalnya dinamakan mintonette dan kemudian berubah menjadi bola voli, by the way setelah ditemukannya olahraga bola basket setelah 4 tahun kemudian terciptalah olahraga bola voli.

Pada awalnya mintonette khusus kan untuk anggota YMCA yang telah menginjak usia dewasa kemudian terjadilah perubahan nama menjadi volley ball (dalam bahasa indonesia bola voli) pada tahun 1896 tepatnya ketika pertandingan pertamanya pada sebuah event internasional YMCA Training School.

Pada event tersebut William menjelaskan tentang permainan bola voli di hadapan semua instruktur pendidikan jasmani yang ada di sana dengan membawa dua tim yang masing-masing tim Terdiri dari 5 orang.  William kemudian menjelaskan bahwa permainan bola voli adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan Selain itu ia juga menjelaskan bahwa permainan bola voli juga bisa dimainkan oleh banyak pemain.

Di Indonesia sendiri permainan bola voli masuk pada zaman dimana Indonesia sedang dijajah oleh Belanda tepatnya pada tahun 1928, namun saat itu permainan ini hanya dapat dimainkan oleh orang tertentu yakni para Bangsawan dan orang-orang Belanda saja. Selain dari pendidikan jasmani bola voli juga berkembang berkat para anggota tentara yang sering bermain bola voli di asrama tempat mereka tinggal Al dan di sebuah lapangan terbuka Mereka pun sering mengadakan sebuah pertandingan antar regu.

Perkembangan olahraga bola voli di Indonesia begitu pesat hingga kini banyaknya klub-klub yang bermunculan di kota-kota besar di Indonesia melahirkan sebuah persatuan bola voli seluruh Indonesia PBVSI yang terbentuk pada tanggal 22 Januari tahun 1955 pada tanggal tersebut pula pertandingan bola voli pertama kalinya di Indonesia dilaksanakan.

Demikianlah sejarah permainan bola voli yang dapat saya sampaikan Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman atau kerabatmu agar mereka tahu sejarah mengenai ditemukannya bola voli pertama kali dan Siapakah orang yang menemukannya.

Oh ya awalnya bola voli memang terdiri dari 5 pemain per team, namun seiring perkembangan pada dunia olahraga kemudian team bola voli terdiri dari 6 pemain.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "Sejarah Permainan Bola Voli, Ini Penemunya!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel